Tuesday, May 22, 2012

Sekilas Tentang UFS Tornado

Ufs lebih cenderung sama konsep sesuai namanya, yaitu Universal Flasher software, walaupun tidak terlalu spesialist ke platform tertentu, tapi support untuk banyak platform, semisal nokia, samsung, SE, LG, yah mungkin anda bisa pilih sendiri mana program yang anda perlukan lalu instal ufs / hwk suite yang anda inginkan ( baca : penggunaan program ufs yang terbaru, 2.08.5 tentunya telah maminta authorisasi HWk original ) jadi perlu tidak nya HWK hanya sebagai athorisasi program HWK suite yang terbaru

kenapa kok suite ? iya sekarang suite namanya karena sekarang untuk melakukan instalasi beberapa program flasher ( DCTx, ATRZ, RTP, SAMS, dll ) secara sekaligus dengan 1 instaler saja. kalo dulu kita dapati instaler ufs ada banyak, yg nokia sendiri, yang samsung sendiri, itukan dulu :-P.

Nah, dengan demikian tentunya tidak akan kita memahami software sedemikan pendek, pahami dulu fungsi dan kegunaan masing masing program :1. UFS boxes ( UFS3 tornado, N-box, Ufs micro, dl ):

Pada intinnya adalah dari awal berfungsi sebagai security dengan tersimpannya firmware ufs beserta serial numbernya di sebuah ic bernama atmega, tentunya ada juga eeprom, dll. sedangkan fungsi kedua adalah sebagai interfacing ( baca tempat koneknya ponsel bukan konak !! ) atau bisa dikatakan tempat komunikasi antara program dengan ponsel anda terjadi ( dengan protocol tertentu ) hal ini terjadi oleh karena ufs boxes anda memiliki FTDI, volt regulator, dll ( untuk lebih lengkapnya baca deh schema box ufs yang akhirnya communication port menggunakan Rj45 ( dengan 8 pin ) hayo apa saja ? ayo coba sebutkan ?

2. HWK : 

Hardware Key adalah proteksi tambahan pada sarassboxes ( baca untuk : running program bernama UFS - Universal Flasher Software ) jadi sekarang proteksi ada dua dong ? yup anda benul.....yang pertama, ya yang ada pada sarasboxes itu sendiri apa itu ? ATMEGA !, nah dengan atmega saja ( baca box ufs non hwk ) kita masih di perbolehkan untuk running program UFS sampe ke suite 3.03 walaupun dengan konsekuensi beberapa platform ( BB5) dan type ( pada samsung dan ATRZ ) bahkan program ( KZF dan LG ) tidak dapat di gunakan.

3. HWK sendiri dipilih ( soalnya dulu sarassoft masih mikir mikir mau pake smart card ato hwk ) oleh karena itu kalo anda memiliki box ufs yang lama ( baca : Jadul ) bisa bongkar dan mendapati masih ada adanya socket HWK dan socket untuk smart card.terpilihlah Odia sebaga plan Project Hwk yang akhirnya menyingkirkan rascal sebagai salah satupenggagas penggunaan smart card di sarassoft, tersingkirkan dan tentunya anda tau sendiri ceritanya, rascal mencolok sendiri di JAF team untuk ngece bin ngenyek HWK, dan membuat program program HWK killer ( sampai sampai dalam program UFS, kita pernah jumpai dulu namanya "rascalized" hehehehe, biasalah saling balas membalas ) sampe sampai kita juga pernah denger dong saras bad move, alias erasing file boot pada OS windows, NTLDR.DLL dan NTDETECT.COM, itukan juga untuk mengancam pengguna agar jangan nuruti rascal . ya iyalah, masa ya iya dong...


Program flasher ataupun software software yang beredar, baik yang gratis ( baca : tanpa proteksi ) maupun software berbayar ( baca : di proteksi srial/atmega/smartcard/hwk/dongle dongel lain ) toh di akhir acara kita membeli box bukan untuk pajangan kan bahkan yang kita beli sesungguhnya adalah hasil kerja programmer nya, apa itu?yah program nya lah, bukan box nya , yup betul program itulah yang membantu kita untuk :


1. Booting power supply


2. Booting CPU

3. Pembacaan IC flash dan pemetaan size plus addres

4. eksekusi pembacaan ( optional )

5. eksekusi penghapusan

6. eksekusi pemrograman

7. eksekusi ke security zone ( PM, GDFS, IMEI, SECURITY, SL, DLL )

8. dll, sesuai prommernya.

Berbeda fitur, berbeda langkah, berbeda cara, mah biasa, namanya juga dari programmer yang berbeda, malah kadang ada yang cuman beda GUI nya doang ( baca : tampilan muka software


panjang x lebar penjelasan saya kali ini untuk menjawab :

mau tanya apakah hwk trial bisa bikin ufs3 jadi error jika dikasih hwk ori

permisi para master2 sekalian saya mau sekedar tau apakah benar kalau menggunakan hwk trial bisa mempengaruhi kinerja ufs apabila suatu saat jika diganti dengan hwk ori pada saat waktu di update,,maklum saya belum banyak pengalaman untuk urusan ufs 3 kebetulan saya baru coba ufs 3 belum pake hwk niatnya sih mau dikasih hwk trial saja tapi denger2sih ada kendala seperti itu ,,saya hanya ingin memastikan apakah itu benar atau tidak,,mohon masukannya ya trims... Kalau Mau buang hwk trial lalu ganti dgn yang original? tidak ada masalah, asal di update mau aja sn nya box, nah yang ada masalahnya malah bukan di box tapi di program yang ada masalah dulu adalah apabila anda menggunakan third party software seperti program hwk killer atau ***** lainnya, tapi itu dulu dengan SBM dan lainnya.

kalaupun yang anda tanyakan atau risaukan adalah boxnya:

Nah mengenai box nya yang jadi masalah, kalo box anda sn nya terdeteksi cloned oleh server, yah akan susah untuk melakukan update hwk di dalamnya.

sekali lagi, pahami apa gunanya update dengan hwk original

pahami fungsi security dan interfacing pada box ufs anda

pahami fungsi security hwk di product sarassoft

pahami fungsi program nya si sha ini, kenapa perlu di proteksi ?

untuk bisa masuk dan download di support site ufs official ( sarunas ) kita membutuhkan ??

Hwk emulator, Hwk killer, HWK trial vs HWK original ? apa bedanya ? apa maksudnya ?

Hwk emulator : gantikan fungsi atorisasi Hwk saat program di panggil ( belakangan cara ini tidak lagi di kembangkan lagi karena program ufs tidak hanya menggunakan autorisasi pada waktu program di panggil pertama kali saja akan tetapi berkala di saat pemrograman )

Hwk killer, di isukan raskal & zulea lah pelakunya, intinya gimana ceritanya si sha, berpikir lagi untuk tetap menggunakan Hwk untuk proteksi tambahan nya ----> sifatnya patch *.exe ( yah ***** gitulah ) alias modifikasi program ufs supaya program tersebut telah mendeteksi hwk, padahal tidak ada hwk yang terpasang.

Hwk trial, awalnya ide untuk mengenalkan Hwk kepada pengguna ufs lama. Tapi seiring waktu berjalan, malah di duplikasi sedemikian banyak oleh orang lain, dan di produksi massal ( baca : cloned ) kita mengetahui dulu ada Hwk trial v.1, v1.2 (2) dan Hwk trial v.3, yang paling banyak di pasaran adalah hwk trial versi 3, di mana penggunanya dapat menjalankan program ufs suite 3.03 ( baca : nama lainnya adalah hwk suite 2.03 ) jadi hwk tidak ada masa berlaku, semisal 1 minggu, 1 bulan atau 1tahun, jalan selamanya, akan tetapi mentok dapat kita pakai untuk program tertentu saja.

nah belakangan ada juga hwk v.2.06 / hwk v2.07 ----> ini apa? original atau trial ? jawabaan saya sih kalo di perkenalkan dengan embel embel versi program semisal 2.06 / 2.07 sih pasti trial , walaupun ndak banyak yang menjualnya (biasanya hwk trial yg versi baru ini, sama juga sih hasil clone tetapi udah cloned dengan sn atmega, makanya biasa di jual dengan box nya sekalian )

kalo hwk original, ndak usah di beri penjelasan versi berapa dia bisa di gunakan, ada program baru tinggal update, ada lagi tinggal update tho, no limit yet :-P

satu hal, kalo hwk trial jangan di update client selayaknya hwk original yah, sia sia nanti, bisa bisa hwk anda di kill juga ama server

0 comments:

Post a Comment